Wednesday, March 7, 2018

Simbah Komputer service laptop panggilan Boyolali 085643563591

Cara Memperbaiki Printer Yang Tidak Bisa Menarik Kertas

Cara Memperbaiki Printer – Ketika akan mencetak atau saat proses mencetak tiba-tiba printer tidak bisa menarik kertas, pernahkah anda mengalami hal ini? Masalah ini memang sering terjadi. Tak perlu khawatir atau takut printer akan jadi rusak, anda bisa mencoba mengatasinya sendiri dengan mengikuti langkah berikut.

Cara Memperbaiki Printer Yang Tidak Bisa Menarik Kertas

Lakukan Pemeriksaan Pada Printer
Sebelum menentukan cara memperbaiki printer yang tidak bisa menarik kertas, ada baiknya lakukan pemeriksaan secara cermat, cobalah buka cover printer untuk melihat bagian dalam apakah ada sesuatu yang masuk sehingga menghalangi proses print.
Terkadang tanpa kita sadari, ada saja benda-benda asing yang dapat masuk ke dalam printer, oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan. Jika memang ada benda asing yang mengganjal, segera singkirkan. Usahakan untuk menutup printer selama tidak digunakan untuk menghindari masuknya sesuatu.
Mengetahui Penyebab Masalah
Apabila sudah dilakukan pemeriksaan dan ternyata tidak ada benda asing yang masuk, maka penyebab yang membuat printer tidak bisa menarik kertas adalah adanya gangguan pada roller printer dan terjadinya error. Roll printer yang sudah lama dipakai bisa mengalami aus atau menipis sehingga menyebabkan jangkauan ke letak kertas tidak sampai.
Jika ini masalahnya, maka cara memperbaiki printer yang tidak bisa menarik kertas adalah dengan memperbaiki secara manual atau mengganti roll printer (penarik kertas).
Cara Memperbaiki Roller Printer Yang Rusak
Apabila harus melakukan perbaikan roller printer sendiri, siapkan Isolasi atau selotip. Tahap pertama lepaskan roller printer beserta karet pada roller, buka selotip untuk dililitkan ke bagian roller yang berada tepat di bawah karet, lakukan sebanyak 2 lilitan isolasi. Jika sudah, pasang kembali karet roller dan roller printer ke tempat semula. Sampai tahap ini dinyatakan selesai. Lanjutkan dengan test print untuk mengetahui hasilnya, jika masih tidak bisa, cobalah menambahkan lilitan isolasi hingga berhasil.
Cara Mengatasi Print Error atau Blinking
Penyebab lain yang membuat printer tidak bisa menarik kertas adalah terjadinya error atau blinking. Untuk mengatasi hal ini anda harus melakukan reset melalui sofware sesuai dengan jenis printer anda. Terjadinya error akibat catatan EEPROM chipset pada mainboard sudah penuh sehingga perlu dilakukan pengembalian ke nilai nol.
Setiap jenis atau merk printer yang memerlukan reset, biasanya memiliki cara yang berbeda, oleh karena itu perhatikan betul cara melakukan reset yang benar sesuai printer anda. Salah melakukan reset dapat merusak perangkat.
Jika cara-cara seperti di atas tidak cukup berhasil untuk mengatasi masalah yang anda hadapi, maka sebaiknya bawa printer anda ke tempat reparasi untuk bisa diperbaiki oleh orang yang lebih ahli. Ini merupakan jalan terakhir yang bisa anda lakukan setelah semua cara di atas sudah anda lakukan.

sumber http://seputarprinter.com/cara-memperbaiki-printer-yang-tidak-bisa-menarik-kertas/ 

Simba[h] Komputer
Jl Jangli Krajan D 12 candisari
Semarang
Help Desk
Whatsapp. 085 643 563 591
BBM. 51M84H
Email : simbahkomputer@gmail.com
085643563591
Hasil gambar untuk logo simbah komputer

2 comments:

  1. Semarang
    Office. (024) 9103 4219
    SMS. 085 643 563 591
    BBM. 5899 608

    ReplyDelete
  2. Simba[h] Komputer
    Jl Jangli Krajan D 12 candisari
    Semarang
    Help Desk
    Whatsapp. 085 643 563 591
    BBM. 51M84H
    Email : simbahkomputer@gmail.com

    ReplyDelete